Memilih Rok untuk ke Kantor


Pekerja kantoran umumnya akrab dengan rok. Sesuaikan bahan rok dengan lingkup kerja Anda. Enggak mungkin kan, Anda yang sering berada di luar kantor di siang hari yang panas, memakai rok berbahan wol?

Denim
Bahannya yang keras dan kuat membuat denim biasa dikenakan oleh para buruh. Pada tahun 1950-an, denim baru populer di kalangan remaja. Sedang pada tahun 2000-an, bahan denim mulai dikenakan sebagai pakaian kerja. Bahannya yang tidak lagi kaku, dan warnanya yang sangat beragam, membuat denim pantas dipadupadankan dengan gaya apa saja. Bila kantor mengijinkan Anda memakai rok denim, pilihlah yang warnanya gelap. Pakailah atasan yang berkesan mewah seperti blus ruffle, kardigan atau blazer berwarna cerah, high heels, dan beragam aksesori.


Sutra
Sutra bertekstur mulus, lembut, namun tidak licin. Rupa berkilauan yang menjadi daya tarik sutra berasal dari struktur seperti prisma segitiga dalam serat tersebut yang membolehkan kain sutra membiaskan cahaya pada pelbagai sudut. Karena sifat bahannya yang lembut itulah, bahan ini juga cukup nyaman dikenakan untuk ke kantor. Model dan motifnya pun sekarang sangat bervariasi, tidak hanya berupa rok pensil, tetapi juga A line bermotif bunga atau plaid.

Linen
Bahan linen terbuat dari serat-serat katun atau tumbuhan. Permukaannya sedikit bertekstur. Sangat rentan terhadap panas. Sehingga, Anda harus berhati-hati jika menyetrikanya. Katun linen sangat mudah kusut sehingga, jika Anda bangun dari duduk, rok linen Anda akan meninggalkan bekas tapak duduk. Jika Anda yang selalu ingin tampil rapi di kantor, sebaiknya tidak usah menggunakan rok berbahan linen ini.

Crepe chiffon
Semakin cepat Anda berjalan, semakin melambai rok berbahan crepe chiffon. Bahan ini memang sangat tipis dan ringan. Saking tipisnya, maka bahan menjadi transparan. Rok berbahan crepe chiffon biasanya berbentuk flare, layer, atau tiered (bertumpuk-tumpuk). Rok dengan bahan ini dapat dipakai untuk kantor yang bersuasana fleksibel, karena biasanya bermotif bunga-bunga, abstrak, dan motif-motif seru lainnya.

Wol
Di musim hujan yang dingin, ditunjang juga oleh pendingin udara kantor yang membuat seolah-olah sedang berada di gunung es, sangat tepat jika menggunakan rok berbahan wol. Wol yang menghangatkan karena terbuat dari bulu domba ini, mempunyai permukaan yang halus. Sehingga, Anda tidak perlu memakai bahan pelapis (furring) untuk menghindari gatal.

Gabardine
Aturan di perusahaan Anda bekerja sangat formal? Mengharuskan karyawannya selalu rapi? Anda dapat memilih bahan gabardine. Gabardine yang merupakan campuran dari bahan katun, linen, dan polyester ini, mempunyai permukaan yang licin dan gampang diatur. Sehingga, rok Anda selalu rapi. Jika model rok Anda mempunyai lipit-lipit, lipit-lipit tersebut akan selalu tetap tidak berubah.

Tweed
Bahan tweed adalah wol yang setengah jadi. Diproses tidak sampai halus, sehingga permukaannya agak sedikit kasar. Biasanya rok atau celana panjang yang memakai bahan tweed menggunakan bahan pelapis di dalamnya, supaya kulit tidak gatal jika tergesek. Pola tenun tweed biasanya berbentuk seperti huruf V yang berjajar (herringbone). Bahan ini asalnya dari Inggris, yang digunakan keluarga kerajaan untuk kegiatan di luar, seperti berburu.
sumber: kompas

0 komentar: