Hati-hati, Banyak Anak Bisa Depresi!


Jakarta Istilah 'Banyak anak, banyak rezeki' belum tentu benar adanya. Sebuah penelitian membuktikan, banyak anak, bisa sebabkan perempuan jadi depresi.


Depresi itu adalah depresi yang terjadi pasca melahirkan. Menurut penelitian, semakin banyak perempuan melahirkan, maka lebih mudah baginya untuk menderita depresi.

Perempuan yang melahirkan lebih dari satu anak berpotensi 43 persen lebih tinggi mengalami depresi selama sembilan bulan pasca melahirkan dibandingkan dengan perempuan yang hanya melahirkan seorang anak. Hal ini dikutip detikhot dari Reuters, Kamis, (2/4/2009).

Penelitian itu dilakukan di Universitas Johns Hopkins, Amerika Serikat. Survey dilakukan terhadap 7.293 orang Ibu yang mempunyai satu orang anak dan 776 ibu yang melahirkan lebih dari satu anak.

Sebanyak 19 persen perempuan yang melahirkan anak lebih dari satu mengalami
tingkat stress di level sedang hingga tinggi. Sedangkan persentase perempuan yang melahirkan seorang anak adalah 16 persen saja.

Hasil analisa penelitian itu juga menyebutkan bahwa ibu yang melahirkan lebih dari satu anak mengalami depresi pasca melahirkan 43 persen lebih tinggi dibandingkan dengan ibu yang melahirkan satu anak saja.

Tim peneliti mengharapkan di saat perempuan melakukan check up, dokter anak dapat memberikan gambaran dan himbauan kepada mereka tentang depresi
pasca melahirkan.(kee/kee)

0 komentar: